Jumat, 06 Januari 2017

Tugas Mr.Yugo

ROOMS DIVISION

Rooms Division adalah Management dalam hotel yang terdiri dari dua Deparment yaitu Houskeeping dan Front Office  Department.

A. Front Office
     Front Office adalah kantor Depan.Dalam konteks pengertian hotel kantor depan merupakan sebuah Department dihotel yang letaknya di bagian depan.adapun peran penting di Front Office adalah :
  1. Merupakan Wakil dari management dalam keadaan tertentu untuk menghadapi atau menyelesaikan masalah terntentu yang biaasanya hanya bisa diselesaikan oleh pihak management.
  2. mampu menjual kamar-kamar yang tersedia di hotel tersebut.
  3. pusat informasi.pemeberi informasi kepada seluruh tamu yang datang kedalam hotel.
  4. dapat melakukan tindakan secara diplomatic
  5. penyimpan seluruh data --data tamu
  6. dapat memecahkan masalah yang ada 
  7. sebagai wakil dari huubungan masyarakat.harus dapat berbicara dengan aktif
  8. sebagai koordinator kegiatan pelayanan
Adapun  fungsi dari Front Office adalah:
  • menjual akomodasi hotel
  • meyambutdan mendaftar tamu yang akan check in
  • melayani pemesanan kamar
  • memantau perkembangan situasi kamar (room status)
  • menangani semua surat yang masuk kedalam dan keluar hotel
  • melayani dan memberikan informasi  serta permintaan-permintaan pelayanan lainnya
  • melakukan kerjasama yang baik dengan department lain untuk kelancaran operasional hotel..
Section-section yang ada di Front Office adalah
  • Reception
  • Reservation
  • Concierge
  • Bellboy
  • Doormen & Doorgirl
  • florist
  • Guest Relation Officer 
  • Parking Area
  • Telephone Operator
  • Gift Shop
  • Executive Longe
B. Houskeeping
     Houskeeping adalah suatu department yang memilikibeberapa section yang bertugas mebersihkan seluruah area hotel kecuali kitchen.fungsi houskeeping dalam hotel sangat penting.kelancaran penyiapan dan pemeliharaan kebersihan kamar tertentu oleh houskeeping oleh karena itu maka houskeeping harus diperhatikan baik aagar para tamu betah.Housekeeping juga termaksud deparment yang menangani tentang barang Lost and Found.
Tanggung jawab bagian Housekeeping meliputi area:
  1. Ruang tamu (living room)
  2. Coridor
  3. Employee locker
  4. Toilet Locker
  5. Restauran dan banque
  6. Guest Toilet
  7. Office
  8. In and out Garden
  9. Swimming pool
  10. Parking Area
Tugas bagian Houskeeping adalah sebagai berikut:
  • Menciptakan suasana hotel yang bersih,menarik,nyaman dan aman
  • Memeberikan pelayanan di kamar dengan sebaik-baiknya kepada tamu,agar tamu merasa puas saat berkunjung maupun menginap dihotel.
  • Penyiapan,penataan,dan pemeliharaan kamar-kamar
  • Bertanggung jawab atas pemeliharaan kebersihan seluruh outlet dan ruangan umum di hotel.
Adapun Section di Houskeeping adaalah
  1. Laundry
  2. order taker
  3. Uniform
  4. Sewing Room
  5. Room Attandat
  6. Gardener
  7. carpet
  8. Office Runner
  9.  Linen
  10. Housemen
  11. Gondola


     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar